SILABUS
Mata Pelajaran : IPA
Satuan Pendidikan : SMP/MTS
Kelas / Semester : VIII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Kompetensi Inti:
1.
Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
AlokasiWaktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
3.1 Menganalisis gerak pada
makhluk hidup, system gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan system gerak
3.2 Menganalisis gerak lurus,
pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak
benda dan gerak makhluk hidup
4.1 Menyajikan karya tentang
berbagai gangguan pada system gerak, serta upaya menjaga kesehatan system gerak
manusia
4.2 Menyajikanhasilpenyelidikanpengaruhgayaterhadapgerakbenda
|
· Konsep
gerak
· Gerak
lurus
· Gaya
· Hukum
I Newton
· Hukum
II Newton
· Hukum
III Newton
· Perbedaan
hukum I, II,dan III Newton
· Sistem
gerak manusia Rangka Sendi
· Sistem
gerak manusia Otot
· Gangguan
dan kelainan pada sistem gerak dan upaya mencegah serta mengatasinya
· Jenis-jenis
gangguan dan kelainan sistem gerak
· Upaya
menjaga kesehatan sistem gerak
· Sistem
gerak pada hewan
· Gerak
hewan di dalam air
· Gerak
hewan di udara
· Gerak
hewan di darat
· Sistem
gerak pada tumbuhan
· Jenis-jenis
gerak pada tumbuhan di lingkungan
sekitar
|
· Peduli
· Jujur
berkarya
· Tanggung
jawab
· Toleran
· Kerjasama
· Proaktif
· Kreatif
· Religius
· Kesantunan
· Tanggung
jawab
· Kedisiplinan
|
3.1.1
Mengidentifikasi jenis tulang penyusun
sistem gerak manusia
3.1.2
Mendeskripsikan proses perkembangan
tulang
3.1.3
Mendeskripsikan jenis-jenis sendi
3.1.4
Mengidentifikasi sendi-sendi yang bekerja
dalam melakukan aktivitas sehari-hari
3.1.5
Mendeskripsikan struktur tulang manusia
3.1.6
Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi
manusia
3.1.7
Mendeskripsikan jenis-jenis otot
3.1.8
Mendeskripsikan fungsi otot bagi manusia
3.1.9
Menyebutkan jenis-jenis gerak yang
melibatkan otot yang bekerja di bawah
kesadaran
3.1.10
Mendeskripsikan gangguan yang terjadi
pada sistem gerak
3.1.11
Mendeskripsikan upaya menjaga kesehatan
sistem gerak
3.1.12
Menjelaskan keterkaitan bentuk tubuh
dengan kecepatan gerak hewan
3.1.13
Mendeskripsikan cara gerak hewan pada
masing-masing habitat
3.1.14 Mengidentifikasi jenis gerak pada tumbuhan di lingkungan sekitar
3.2.1
Mendeskripsikan konsep gerak lurus
3.2.2
Menganalisis perbedaan antara kelajuan
dan kecepatan
3.2.3
Menghitung kelajuan, kecepatan, dan
percepatan pada beberapa contoh kasus dengan menggunakan rumusan gerak lurus
beraturan
3.2.4
Menghitung jarak tempuh hewan yang berlari dengan kecepatan dan waktu
tertentu
3.2.5
Mendeskripsikan konsep gaya
3.2.6
Menyebutkan pasangan gaya aksi dan reaksi
3.2.7
Membandingkan besar gaya aksi reaksi yang
terjadi antara burung dengan udara ketika burung sedang terbang
3.2.8
Menganalisis penerapan hukum Newton dalam
kehidupan sehari- hari
3.2.9
Menghitung berat benda dengan menggunakan
persamaan hukum II Newton
3.2.10
Menganalisis penerapan hukum III Newton
pada atlet lompat tinggi
3.2.11
Menganalisis hubungan antara gaya dan
massa dengan percepatan benda bergerak
4.1.1
Mengamati jaringan otot
4.1.2
Menyelidiki perbedaan diameter otot pada
saat berkontraksi dan berelaksasi
4.1.3
Membuat artikel tentang berbagai penyakit
dan kelainan pada sistem
gerak serta upaya menjaga kesehatan sistem
gerak manusia
4.2.1
Menyelidiki pengaruh berbagai rangsang
terhadap gerak membuka
dan menutupnya daun putri malu
4.2.2
Melakukan
pengamatan tentang jenis gerak pada 10 jenis tanaman
yang berbeda
|
· Mengamati
struktur dan fungsi rangka, sendi, dan otot manusia
· Melakukan
percobaan untuk mengetahui struktur gerak, jenis dan perbedaan serta
mekanisme kerja jaringan otot
· Mengidentifikasi
gangguan pada sistem gerak, upaya mencegah dan cara mengatasinya
· Menyajikan
hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan
serta upaya mengatasinyadalam bentuk tulisan dan mendiskusikannya dengan
teman
· Melakukan
percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
· Melakukan
percobaan mengukur kecepatan dan percepatan
· Melakukan
percobaan hukum Newton dan menganalisis hubungannya pada gerak makhluk hidup
dan benda dalam kehidupan sehari-hari
· Melaporkan/
memaparkan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap
gerak benda dalam bentuk tulisan
· Mengamati
dan mengidentifikasi proses gerak pada tumbuhan dan hewan untuk menjelaskan
penerapannya pada benda, seperti pesawat, kapal selam
|
20 JP
|
·
Buku
Pegangan siswa,
·
Buku
Pegangan Guru,
·
Modul/bahan
ajar,
·
internet,
·
Sumber
lain yang relevan
·
BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·
BukuPegangan
Guru,
·
Modul/bahan
ajar,
·
internet,
·
Sumber
lain yang relevan
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· UnjukKerja
· Produk
· Portofolio
|
3.2 Menjelaskan
kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah
kontekstual
4.2 Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandengankedudukantitikdalambidangkoordinatKartesius
|
|
4.2.1
|
·
|
15 JP
|
·
BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·
BukuPegangan
Guru,
·
Modul/bahan
ajar,
·
internet,
·
Sumber
lain yang relevan
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· UnjukKerja
· Produk
· Portofolio
|
|
3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannyadalam
kehidupan sehari-hari, termasuk kerja otot pada struktur rangkan manusia
4.3
Menyajikan
hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana
dalam kehidupan sehari-hari
|
· Usaha
· Konsepusaha
· Contoh-contoh
· Usahadalamkehidupansehari-
hari
· Usaha dandaya
· Pesawatsederhana
· Katrol
· Rodaberporos
· Bidang miring
· Pengungkit
· Prinsipkerjapesawatsederhanapadasistemgerakmanusia
|
· Peduli
· Jujur
berkarya
· Tanggung
jawab
· Toleran
· Kerjasama
· Proaktif
· Kreatif
· Religius
· Kesantunan
· Tanggung
jawab
· Kedisiplinan
|
3.3.1
Menjelaskan konsep usaha
3.3.2
Memberi contoh usaha
3.3.3
Menghitung besar usaha
3.3.4
Menghitung besar jarak benda yang dikenai
usaha
3.3.5
Menghitung besar daya
3.3.6
Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat
sederhana
3.3.7
Mengidentifikasi pesawat sederhana yang
ada di rumah
3.3.8
Menjelaskan jenis-jenis katrol
3.3.9
Menjelaskan penggunaan katrol dalam
kehidupan sehari-hari
3.3.10
Menghitung besar beban yang ditarik oleh
katrol majemuk
3.3.11
Menjelaskan pengertian roda berporos
3.3.12
Menjelaskan penggunaan roda berporos dalam
kehidupan sehari hari
3.3.13
Menganalisis prinsip kerja koper pada
sistem gerak manusia
3.3.14
Menjelaskan pengertian bidang miring
3.3.15
Membuktikan bahwa sekrup adalah salah
satu contoh bidang miring
3.3.16
Menghitung keuntungan mekanik pada bidang
miring
3.3.17
Menjelaskan jenis-jenis pengungkit
3.3.18
Mengidentifikasi syarat keseimbangan
pengungkit
3.3.19
Menjelaskan penggunaan pengungkit jenis
pertama, kedua, dan ketiga dalam kehidupan sehari-hari
3.3.20
Menghitung keuntungan mekanik pada
pengungkit
3.3.21
Menguraikan penerapan prinsip kerja
pesawat sederhana pada sistem gerak
3.3.22
Menganalisis prinsip pesawat sederhana
pada sistem gerak
3.3.23
Mengidentifikasi permasalahan di
lingkungan sekitar yang dapat diatasi
dengan menggunakan pesawat sederhana
4.3.1
Mengajukansuatuusulanpenerapanpesawatsederhanauntukmemecahkanpermasalahankehidupansehari-hari
yang belumdiatasidenganmenggunakanpesawatsederhana
|
· Menjelaskan konsep usaha
· Memberi contoh usaha
· Menghitung besar usaha
· Menghitung besar jarak benda yang
dikenai usaha
· Menghitung besar daya
· Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat
sederhana
· Mengidentifikasi pesawat sederhana
yang ada di rumah
· Menjelaskan jenis-jenis katrol
· Menjelaskan penggunaan katrol dalam
kehidupan sehari-hari
· Menghitung besar beban yang ditarik
oleh katrol majemuk
· Menjelaskan pengertian roda berporos
· Menjelaskan penggunaan roda berporos
dalam kehidupan sehari hari
· Menganalisis prinsip kerja koper pada
sistem gerak manusia
· Menjelaskan pengertian bidang miring
· Membuktikan bahwa sekrup adalah salah
satu contoh bidang miring
· Menghitung keuntungan mekanik pada
bidang miring
· Menjelaskan jenis-jenis pengungkit
· Mengidentifikasi syarat keseimbangan
pengungkit
· Menjelaskan penggunaan pengungkit
jenis pertama, kedua, dan ketiga dalam kehidupan sehari-hari
· Menghitung keuntungan mekanik pada
pengungkit
· Menguraikan penerapan prinsip kerja
pesawat sederhana pada sistem gerak
· Menganalisis prinsip pesawat
sederhana pada sistem gerak
· Mengidentifikasi permasalahan di
lingkungan sekitar yang dapat diatasi
dengan menggunakan pesawat sederhana
· Mengajukan suatu usulan penerapan
pesawat sederhana untuk memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari yang
belum diatasi dengan menggunakan pesawat sederhana
|
12 JP
|
·
BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·
BukuPegangan
Guru,
·
Modul/bahan
ajar,
·
internet,
·
Sumberlain
yang relevan
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· UnjukKerja
· Produk
· Portofolio
|
3.4
Menganalisis keterkaitan struktur jaringan
tumbuhan dan fungsinya,serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur
tumbuhan
4.4
Menyajikan
karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang
terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan
|
Struktur
dan Fungsi Tumbuhan
|
· Peduli
· Jujur
berkarya
· Tanggung
jawab
· Toleran
· Kerjasama
· Proaktif
· Kreatif
· Religius
· Kesantunan
· Tanggung
jawab
· Kedisiplinan
|
3.4.1
Mendeskripsikan struktur jaringan
penyusun akar
3.4.2
Mendeskripsikan struktur jaringan
penyusun batang
3.4.3
Mengidentifikasi struktur jaringan
penyusun daun
3.4.4
Menjelaskan hubungan antara struktur dan
fungsi jaringan di akar
3.4.5
Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi
jaringan di batang
3.4.6
Menjelaskan hubungan antara struktur dan
fungsi jaringan di daun
3.4.7
Membandingkan struktur jaringan yang
menyusun akar, batang dan daun
3.4.8
Menunjukkan pemanfaatan teknologi
yang terilhami struktur tumbuhan
4.4.1
Menyajikan data
berdasarkanhasilpengamatanstrukturjaringantumbuhan (akar, batang, daun)
danmembuatlaporannya.
4.4.2
Menyajikanberbagaifaktamengenaiberbagai ide
teknologisederhana yang terilhamiolehstrukturjaringantumbuhan
|
· Mengamati
dan mengidentifikasi struktur dan fungsi tumbuhan serta teknologi yang
terinspirasi oleh struktur tumbuhan
· Menyusun
rencana dan melakukan percobaan berdasarkan hasil pengamatan terhadap
struktur dan fungsi tumbuhan serta tekno-logi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
· Melaporkan/
memaparkan hasil kesimpulan berdasarkan pengamatan dan percobaanstruktur
jaringan
· Melaporkan
hasil pengamatanteknologi
yang terinspirasiolehstrukturtumbuhan dan mendiskusikannya dengan
teman.
|
13 JP
|
·
BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·
BukuPegangan
Guru,
·
Modul/bahan
ajar,
·
internet,
·
Sumber
lain yang relevan
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· UnjukKerja
· Produk
· Portofolio
|
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upayamenjaga
kesehatan sistem pencernaan
4.5
Menyajikan hasil penyelidikan tentang
pencernaan mekanis dan kimiawi
|
Sistem Pencernaan Manusia
|
· Peduli
· Jujur
berkarya
· Tanggung
jawab
· Toleran
· Kerjasama
· Proaktif
· Kreatif
· Religius
· Kesantunan
· Tanggung
jawab
· Kedisiplinan
|
3.5.1
Mengidentifikasi jenis-jenis bahan makanan serta kandungan baha makanan
dalam kehidupan sehari-hari melalui uji bahan makanan
3.5.2
Menjelaskan fungsi dari bahan makanan
3.5.3
Menganalisis kebutuhan energi sehari-hari
3.5.4
Menyebutkan organ-organ dalam sistem
pencernaan manusia
3.5.5
Menjelaskan keterkaitan struktur organ
pencernaan dan fungsinya
3.5.6
Menjelaskan proses pencernaan dalam tubuh
manusia
4.5.1
Menyelidikikandungannutrisipadamakanan
4.5.2
Menyelidikikandungan vitamin C
padaberbagaijenisbuah
4.5.3
Membuat model
saluranpencernaanmakanan
4.5.4
Menyelidikiterjadinya proses
pencernaanmekanisdankimiawi
4.5.5
Membuat model penyerapan di
usushalus
|
· Mengamati
berbagai bahan makanan dan melakukan pengujian kandungan bahan makanan
· Melakukan
percobaan uji bahan makanan yang mengandung karbohidrat, gula, lemak dan
protein
· mengidentifikasi
organ-organ pada sistem pencernaanserta proses pencernaan di dalam tubuh
· mengumpulkan
informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan
· melakukan
penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
· Menyimpulkan,
melaporkan/memaparkan hasil percobaan dan mendiskusikannya dengan teman
|
10
JP
|
·
BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·
BukuPegangan
Guru,
·
Modul/bahan
ajar,
·
internet,
·
Sumberlain
yang relevan
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· UnjukKerja
· Produk
· Portofolio
|
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif,
serta dampaknya terhadap kesehatan
4.6
Membuat
karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
|
ZatAditifdanZatAdiktif
·
Jeniszataditif(alamidanbuatan)
dalammakanandanminuman
·
Jeniszatadiktif
·
Pengaruhzataditifdanadiktifterhadapkesehatan
|
· Peduli
· Jujur
berkarya
· Tanggung
jawab
· Toleran
· Kerjasama
· Proaktif
· Kreatif
· Religius
· Kesantunan
· Tanggung
jawab
· Kedisiplinan
|
3.6.1
Menyebutkan jenis-jenis zat aditif
3.6.2
Memberi contoh zat aditif alami dan
buatan
3.6.3
Menyelidiki pewarna alami dan buatan pada
makanan dan minuman
3.6.4
Mengidentifikasi berbagai zat aditif
dalam makanan dan minuman
3.6.5
Menganalisis perbedaan pemanis alami dan
buatan pada makanan dan minuman
3.6.6
Menemukan solusi pengganti zat aditif
buatan
3.6.7
Mengajukan usul cara mencegah dampak
negatif zat aditif buatan
3.6.8
Menyebutkan jenis-jenis zat adiktif
3.6.9
Menjelaskan cara kerja zat adiktif dalam
tubuh
3.6.10
Menjelaskan dampak penggunaan zat adiktif
bagi kesehatan
3.6.11
Menganalisis dampak penyebaran narkoba di
masyarakat
3.6.12
Menjelaskan beberapa upaya untuk menjaga
diri dari bahaya narkoba
3.6.13
Mengemukakan upaya dalam menangani
pecandu zat adiktif
4.6.1
Membuat model tentang bahaya rokok bagikesehatan
4.6.2
Membuatkaryatulistentangdampakpenggunaanzataditifdanpenyalahgunaanzatadiktifbagikesehatan
|
· Mengamati
bahan makanan di lingkungan sekitar yang mengandung zat aditif serta tayangan
berita penyalahgunaan zat adiktif
· Mengidentifikasi
zat-zat aditif yang ditambahkan pada makanan dan jenis-jenis zat adiktif serta penyalah-gunaannya dalam
kehidupan
· Menyimpulkan
dan melaporkan hasil identifikasi jenis-jenis
zat aditif dan adiktif serta
penyalahgunaan-nya dalam kehidupan, serta mendiskusikannya dengan teman
|
10
JP
|
·
BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·
BukuPegangan
Guru,
·
Modul/bahan
ajar,
·
internet,
·
Sumber
lain yang relevan
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· UnjukKerja
· Produk
· Portofolio
|
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan
memahamigangguan pada sistem peredaran
darah, serta upaya menjaga kesehatansistem peredaran darah
4.7
Menyajikan
hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) dengan frekuensi
denyut jantung
|
Sistem
Peredaran Darah Manusia
|
· Peduli
· Jujur
berkarya
· Tanggung
jawab
· Toleran
· Kerjasama
· Proaktif
· Kreatif
· Religius
· Kesantunan
· Tanggung
jawab
· Kedisiplinan
|
3.7.1
Mendeskripsikan fungsi darah
3.7.2
Membuat model komponen penyusun darah
3.7.3
Mendeskripsikan karakteristik
masing-masing komponen penyusun darah
3.7.4
Menjelaskan fungsi masing-masing komponen
penyusun darah
3.7.5
Menjelaskan keterkaitan antara tempat
tinggal dengan jumlah sel darah merah dalam darah
3.7.6
Mendeskripsikan proses pembekuan darah
3.7.7
Mendeskripsikan karakteristik golongan
darah A, B, AB, dan O
3.7.8
Mendeskripsikan karakteristik jantung dan
pembuluh darah
3.7.9
Mengidentifikasi perbedaan antara
pembuluh nadi (arteri) denganpembuluh balik (vena)
3.7.10
Menjelaskan keterkaitan antara hasil
pengukuran darah dengankondisi pembuluh darah
3.7.11
Mendeskripsikan proses peredaran darah
pada manusia
3.7.12
Mendeskripsikan beberapa faktor yang
memengaruhi frekuensi denyut jantung
3.7.13
Mendeskripsikan gangguan dan kelainan
pada sistem peredaran darah dan upaya untuk mencegah dan mengatasinya
4.7.1
Membuat model
sistemperedarandarah
4.7.2
Menyajikanhasilpercobaantentangpengaruhjenisdanintensitas
v aktivitassertajeniskelamindenganfrekuensidenyutjantung
|
· Mengamati
modelsistem peredaran darah.
· Mengidentifikasi
komponen darah, organ-organ pada sistem peredaran darah, jenis peredaran
darah pada manusia, serta berbagai penyakit pada sistem peredaran darah
· Melakukan
penyelidikan dan menyajikan laporan tentang pengaruh aktivitas
(jenis, intensitas, durasi) denganfrekuensidenyutjantung
|
8 JP
|
·
BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·
BukuPegangan
Guru,
·
Modul/bahan
ajar,
·
internet,
·
Sumber
lain yang relevan
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· UnjukKerja
· Produk
· Portofolio
|
Mengetahui
Kepala SMP N .................. Guru Mata Pelajaran
........................................... ....................................
NIP.................................... NIP.
Komentar
Posting Komentar