SILABUS IPA KELAS VIII KURTILAS (Ressy Andriani)


SILABUS

Mata Pelajaran           : IPA
Satuan Pendidikan      : SMP/MTS
Kelas / Semester          : VIII/Ganjil
Tahun Pelajaran         : 2019/2020

Kompetensi Inti:
1.       Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.       Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Karakter
Indikator
Kegiatan
Pembelajaran
AlokasiWaktu
Sumber Belajar
Penilaian
3.1      Menganalisis gerak pada makhluk hidup, system gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan system gerak
3.2      Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup

4.1      Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada system gerak, serta upaya menjaga kesehatan system gerak manusia
       
4.2      Menyajikanhasilpenyelidikanpengaruhgayaterhadapgerakbenda

·      Konsep gerak
·      Gerak lurus
·      Gaya
·      Hukum I Newton
·      Hukum II Newton
·      Hukum III Newton
·      Perbedaan hukum I, II,dan III Newton
·      Sistem gerak manusia Rangka Sendi
·      Sistem gerak manusia Otot
·      Gangguan dan kelainan pada sistem gerak dan upaya mencegah serta mengatasinya
·      Jenis-jenis gangguan dan kelainan sistem gerak
·      Upaya menjaga kesehatan sistem gerak
·      Sistem gerak pada hewan
·      Gerak hewan di dalam air
·      Gerak hewan di udara
·      Gerak hewan di darat
·      Sistem gerak pada tumbuhan
·      Jenis-jenis gerak pada tumbuhan di lingkungan  sekitar
·      Peduli
·      Jujur berkarya
·      Tanggung jawab
·      Toleran
·      Kerjasama
·      Proaktif
·      Kreatif
·      Religius
·      Kesantunan
·      Tanggung jawab
·      Kedisiplinan

3.1.1          Mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem gerak manusia
3.1.2          Mendeskripsikan proses perkembangan tulang
3.1.3          Mendeskripsikan jenis-jenis sendi
3.1.4          Mengidentifikasi sendi-sendi yang bekerja dalam melakukan aktivitas sehari-hari
3.1.5          Mendeskripsikan struktur tulang manusia
3.1.6          Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi manusia
3.1.7          Mendeskripsikan jenis-jenis otot
3.1.8          Mendeskripsikan fungsi otot bagi manusia
3.1.9          Menyebutkan jenis-jenis gerak yang melibatkan otot yang bekerja di  bawah kesadaran
3.1.10      Mendeskripsikan gangguan yang terjadi pada sistem gerak
3.1.11      Mendeskripsikan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
3.1.12      Menjelaskan keterkaitan bentuk tubuh dengan kecepatan gerak hewan
3.1.13      Mendeskripsikan cara gerak hewan pada masing-masing habitat
3.1.14      Mengidentifikasi jenis gerak pada tumbuhan di lingkungan sekitar
3.2.1          Mendeskripsikan konsep gerak lurus
3.2.2          Menganalisis perbedaan antara kelajuan dan kecepatan
3.2.3          Menghitung kelajuan, kecepatan, dan percepatan pada beberapa contoh kasus dengan menggunakan rumusan gerak lurus beraturan
3.2.4          Menghitung jarak tempuh hewan  yang berlari dengan kecepatan dan waktu tertentu
3.2.5          Mendeskripsikan konsep gaya
3.2.6          Menyebutkan pasangan gaya aksi dan reaksi
3.2.7          Membandingkan besar gaya aksi reaksi yang terjadi antara burung dengan udara ketika burung sedang terbang
3.2.8          Menganalisis penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari- hari
3.2.9          Menghitung berat benda dengan menggunakan persamaan hukum II Newton
3.2.10      Menganalisis penerapan hukum III Newton pada atlet lompat tinggi
3.2.11      Menganalisis hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak
4.1.1          Mengamati jaringan otot
4.1.2          Menyelidiki perbedaan diameter otot pada saat berkontraksi dan berelaksasi
4.1.3          Membuat artikel tentang berbagai penyakit dan kelainan pada sistem
gerak serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
4.2.1          Menyelidiki pengaruh berbagai rangsang terhadap gerak membuka
dan menutupnya daun putri malu
4.2.2          Melakukan  pengamatan tentang jenis gerak pada 10 jenis tanaman
yang berbeda
·      Mengamati struktur dan fungsi rangka, sendi, dan otot manusia
·      Melakukan percobaan untuk mengetahui struktur gerak, jenis dan perbedaan serta mekanisme kerja jaringan otot
·      Mengidentifikasi gangguan pada sistem gerak, upaya mencegah dan cara mengatasinya
·      Menyajikan hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya mengatasinyadalam bentuk tulisan dan mendiskusikannya dengan teman
·      Melakukan percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
·      Melakukan percobaan mengukur kecepatan dan percepatan
·      Melakukan percobaan hukum Newton dan menganalisis hubungannya pada gerak makhluk hidup dan benda dalam kehidupan sehari-hari
·      Melaporkan/
memaparkan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda dalam bentuk tulisan
·      Mengamati dan mengidentifikasi proses gerak pada tumbuhan dan hewan untuk menjelaskan penerapannya pada benda, seperti pesawat, kapal selam
20 JP

·         Buku Pegangan siswa,
·         Buku Pegangan Guru,
·         Modul/bahan ajar,
·         internet,
·         Sumber lain yang relevan
·         BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·         BukuPegangan Guru,
·         Modul/bahan ajar,
·         internet,
·         Sumber lain yang relevan
·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      UnjukKerja
·      Produk
·      Portofolio
3.2       Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
4.2    Menyelesaikanmasalah yang berkaitandengankedudukantitikdalambidangkoordinatKartesius

4.2.1           
·       
15 JP
·         BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·         BukuPegangan Guru,
·         Modul/bahan ajar,
·         internet,
·         Sumber lain yang relevan
·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      UnjukKerja
·      Produk
·      Portofolio
3.3   Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannyadalam kehidupan sehari-hari, termasuk kerja otot pada struktur rangkan manusia

4.3         Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
·      Usaha
·      Konsepusaha
·      Contoh-contoh
·      Usahadalamkehidupansehari- hari
·      Usaha dandaya

·      Pesawatsederhana
·      Katrol
·      Rodaberporos
·      Bidang miring
·      Pengungkit
·      Prinsipkerjapesawatsederhanapadasistemgerakmanusia
·      Peduli
·      Jujur berkarya
·      Tanggung jawab
·      Toleran
·      Kerjasama
·      Proaktif
·      Kreatif
·      Religius
·      Kesantunan
·      Tanggung jawab
·      Kedisiplinan

3.3.1          Menjelaskan konsep usaha
3.3.2          Memberi contoh usaha
3.3.3          Menghitung besar usaha
3.3.4          Menghitung besar jarak benda yang dikenai usaha
3.3.5          Menghitung besar daya
3.3.6          Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana
3.3.7          Mengidentifikasi pesawat sederhana yang ada di rumah
3.3.8          Menjelaskan jenis-jenis katrol
3.3.9          Menjelaskan penggunaan katrol dalam kehidupan sehari-hari
3.3.10      Menghitung besar beban yang ditarik oleh katrol majemuk
3.3.11      Menjelaskan pengertian roda berporos
3.3.12      Menjelaskan penggunaan roda berporos dalam kehidupan sehari hari
3.3.13      Menganalisis prinsip kerja koper pada sistem gerak manusia
3.3.14      Menjelaskan pengertian bidang miring
3.3.15      Membuktikan bahwa sekrup adalah salah satu contoh bidang miring
3.3.16      Menghitung keuntungan mekanik pada bidang miring
3.3.17      Menjelaskan jenis-jenis pengungkit
3.3.18      Mengidentifikasi syarat keseimbangan pengungkit
3.3.19      Menjelaskan penggunaan pengungkit jenis pertama, kedua, dan ketiga dalam kehidupan sehari-hari
3.3.20      Menghitung keuntungan mekanik pada pengungkit
3.3.21      Menguraikan penerapan prinsip kerja pesawat sederhana  pada sistem gerak
3.3.22      Menganalisis prinsip pesawat sederhana pada sistem gerak
3.3.23      Mengidentifikasi permasalahan di lingkungan sekitar yang dapat   diatasi dengan menggunakan pesawat sederhana
4.3.1          Mengajukansuatuusulanpenerapanpesawatsederhanauntukmemecahkanpermasalahankehidupansehari-hari yang belumdiatasidenganmenggunakanpesawatsederhana
·      Menjelaskan konsep usaha
·      Memberi contoh usaha
·      Menghitung besar usaha
·      Menghitung besar jarak benda yang dikenai usaha
·      Menghitung besar daya
·      Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana
·      Mengidentifikasi pesawat sederhana yang ada di rumah
·      Menjelaskan jenis-jenis katrol
·      Menjelaskan penggunaan katrol dalam kehidupan sehari-hari
·      Menghitung besar beban yang ditarik oleh katrol majemuk
·      Menjelaskan pengertian roda berporos
·      Menjelaskan penggunaan roda berporos dalam kehidupan sehari hari
·      Menganalisis prinsip kerja koper pada sistem gerak manusia
·      Menjelaskan pengertian bidang miring
·      Membuktikan bahwa sekrup adalah salah satu contoh bidang miring
·      Menghitung keuntungan mekanik pada bidang miring
·      Menjelaskan jenis-jenis pengungkit
·      Mengidentifikasi syarat keseimbangan pengungkit
·      Menjelaskan penggunaan pengungkit jenis pertama, kedua, dan ketiga dalam kehidupan sehari-hari
·      Menghitung keuntungan mekanik pada pengungkit
·      Menguraikan penerapan prinsip kerja pesawat sederhana  pada sistem gerak
·      Menganalisis prinsip pesawat sederhana pada sistem gerak
·      Mengidentifikasi permasalahan di lingkungan sekitar yang dapat   diatasi dengan menggunakan pesawat sederhana
·      Mengajukan suatu usulan penerapan pesawat sederhana untuk memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari yang belum   diatasi  dengan menggunakan pesawat sederhana
12 JP
·         BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·         BukuPegangan Guru,
·         Modul/bahan ajar,
·         internet,
·         Sumberlain yang relevan
·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      UnjukKerja
·      Produk
·      Portofolio
3.4     Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya,serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
4.4   Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan
Struktur dan Fungsi Tumbuhan
·      Peduli
·      Jujur berkarya
·      Tanggung jawab
·      Toleran
·      Kerjasama
·      Proaktif
·      Kreatif
·      Religius
·      Kesantunan
·      Tanggung jawab
·      Kedisiplinan

3.4.1          Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun akar
3.4.2          Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun  batang
3.4.3          Mengidentifikasi struktur jaringan penyusun daun
3.4.4          Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di akar
3.4.5          Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di batang
3.4.6          Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di daun
3.4.7          Membandingkan struktur jaringan yang menyusun akar, batang dan daun
3.4.8          Menunjukkan   pemanfaatan   teknologi   yang   terilhami   struktur tumbuhan
4.4.1         Menyajikan data berdasarkanhasilpengamatanstrukturjaringantumbuhan (akar, batang, daun) danmembuatlaporannya.
4.4.2          Menyajikanberbagaifaktamengenaiberbagai  ide  teknologisederhana yang terilhamiolehstrukturjaringantumbuhan
·      Mengamati dan mengidentifikasi struktur dan fungsi tumbuhan serta teknologi yang terinspirasi  oleh struktur tumbuhan
·      Menyusun rencana dan melakukan percobaan berdasarkan hasil pengamatan terhadap struktur dan fungsi tumbuhan serta tekno-logi yang terinspirasi  oleh struktur tumbuhan
·      Melaporkan/ memaparkan hasil kesimpulan berdasarkan pengamatan dan percobaanstruktur jaringan
·      Melaporkan hasil pengamatanteknologi yang terinspirasiolehstrukturtumbuhan dan mendiskusikannya dengan teman.

13 JP
·         BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·         BukuPegangan Guru,
·         Modul/bahan ajar,
·         internet,
·         Sumber lain yang relevan
·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      UnjukKerja
·      Produk
·      Portofolio
3.5   Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upayamenjaga kesehatan sistem pencernaan
4.5   Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
Sistem Pencernaan Manusia
·      Peduli
·      Jujur berkarya
·      Tanggung jawab
·      Toleran
·      Kerjasama
·      Proaktif
·      Kreatif
·      Religius
·      Kesantunan
·      Tanggung jawab
·      Kedisiplinan

3.5.1          Mengidentifikasi jenis-jenis  bahan makanan serta kandungan baha makanan dalam kehidupan sehari-hari melalui uji bahan makanan
3.5.2          Menjelaskan fungsi dari bahan makanan
3.5.3          Menganalisis kebutuhan energi sehari-hari
3.5.4          Menyebutkan organ-organ dalam sistem pencernaan manusia
3.5.5          Menjelaskan keterkaitan struktur organ pencernaan dan fungsinya
3.5.6          Menjelaskan proses pencernaan dalam tubuh manusia
4.5.1         Menyelidikikandungannutrisipadamakanan
4.5.2        Menyelidikikandungan vitamin C padaberbagaijenisbuah
4.5.3        Membuat model saluranpencernaanmakanan
4.5.4        Menyelidikiterjadinya proses pencernaanmekanisdankimiawi
4.5.5          Membuat model penyerapan di usushalus
·      Mengamati berbagai bahan makanan dan melakukan pengujian kandungan bahan makanan
·      Melakukan percobaan uji bahan makanan yang mengandung karbohidrat, gula, lemak dan protein
·      mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaanserta proses pencernaan di dalam tubuh
·      mengumpulkan informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan
·      melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
·      Menyimpulkan, melaporkan/memaparkan hasil percobaan dan mendiskusikannya dengan teman
10 JP
·         BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·         BukuPegangan Guru,
·         Modul/bahan ajar,
·         internet,
·         Sumberlain yang relevan
·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      UnjukKerja
·      Produk
·      Portofolio
3.6   Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
4.6   Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
ZatAditifdanZatAdiktif
·   Jeniszataditif(alamidanbuatan) dalammakanandanminuman
·   Jeniszatadiktif
·   Pengaruhzataditifdanadiktifterhadapkesehatan
·      Peduli
·      Jujur berkarya
·      Tanggung jawab
·      Toleran
·      Kerjasama
·      Proaktif
·      Kreatif
·      Religius
·      Kesantunan
·      Tanggung jawab
·      Kedisiplinan

3.6.1          Menyebutkan jenis-jenis zat aditif
3.6.2          Memberi contoh zat aditif alami dan buatan
3.6.3          Menyelidiki pewarna alami dan buatan pada makanan dan minuman
3.6.4          Mengidentifikasi berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman
3.6.5          Menganalisis perbedaan pemanis alami dan buatan pada makanan dan   minuman
3.6.6          Menemukan solusi pengganti zat aditif buatan
3.6.7          Mengajukan usul cara mencegah dampak negatif zat aditif buatan
3.6.8          Menyebutkan jenis-jenis zat adiktif
3.6.9          Menjelaskan cara kerja zat adiktif dalam tubuh
3.6.10      Menjelaskan dampak penggunaan zat adiktif bagi kesehatan
3.6.11      Menganalisis dampak penyebaran narkoba di masyarakat
3.6.12      Menjelaskan beberapa upaya untuk menjaga diri dari bahaya narkoba
3.6.13      Mengemukakan upaya dalam menangani pecandu zat adiktif
4.6.1          Membuat model tentang bahaya rokok bagikesehatan
4.6.2          Membuatkaryatulistentangdampakpenggunaanzataditifdanpenyalahgunaanzatadiktifbagikesehatan
·      Mengamati bahan makanan di lingkungan sekitar yang mengandung zat aditif serta tayangan berita  penyalahgunaan zat adiktif
·      Mengidentifikasi zat-zat aditif yang ditambahkan pada makanan dan jenis-jenis  zat adiktif serta penyalah-gunaannya dalam kehidupan
·      Menyimpulkan dan melaporkan hasil identifikasi jenis-jenis  zat aditif dan  adiktif serta penyalahgunaan-nya dalam kehidupan, serta mendiskusikannya dengan teman
10 JP
·         BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·         BukuPegangan Guru,
·         Modul/bahan ajar,
·         internet,
·         Sumber lain yang relevan
·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      UnjukKerja
·      Produk
·      Portofolio
3.7   Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahamigangguan  pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatansistem peredaran darah
4.7   Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) dengan frekuensi denyut jantung
Sistem Peredaran Darah Manusia

·      Peduli
·      Jujur berkarya
·      Tanggung jawab
·      Toleran
·      Kerjasama
·      Proaktif
·      Kreatif
·      Religius
·      Kesantunan
·      Tanggung jawab
·      Kedisiplinan

3.7.1          Mendeskripsikan fungsi darah
3.7.2          Membuat model komponen penyusun darah
3.7.3          Mendeskripsikan karakteristik masing-masing komponen penyusun darah
3.7.4          Menjelaskan fungsi masing-masing komponen penyusun darah
3.7.5          Menjelaskan keterkaitan antara tempat tinggal dengan jumlah sel darah merah dalam darah
3.7.6          Mendeskripsikan proses pembekuan darah
3.7.7          Mendeskripsikan karakteristik golongan darah A, B, AB, dan O
3.7.8          Mendeskripsikan karakteristik jantung dan pembuluh darah
3.7.9          Mengidentifikasi perbedaan antara pembuluh nadi (arteri) denganpembuluh balik (vena)
3.7.10      Menjelaskan keterkaitan antara hasil pengukuran darah dengankondisi pembuluh darah
3.7.11      Mendeskripsikan proses peredaran darah pada manusia
3.7.12      Mendeskripsikan beberapa faktor yang memengaruhi frekuensi denyut jantung
3.7.13      Mendeskripsikan gangguan dan kelainan pada sistem peredaran darah dan upaya untuk mencegah dan mengatasinya
4.7.1         Membuat model sistemperedarandarah
4.7.2          Menyajikanhasilpercobaantentangpengaruhjenisdanintensitas v aktivitassertajeniskelamindenganfrekuensidenyutjantung
·      Mengamati modelsistem peredaran darah.
·      Mengidentifikasi komponen darah, organ-organ pada sistem peredaran darah, jenis peredaran darah pada manusia, serta berbagai penyakit pada sistem peredaran darah
·      Melakukan penyelidikan dan menyajikan laporan tentang pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, durasi) denganfrekuensidenyutjantung
8  JP
·         BukuPegangansiswaTeksSiswa,
·         BukuPegangan Guru,
·         Modul/bahan ajar,
·         internet,
·         Sumber lain yang relevan
·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      UnjukKerja
·      Produk
·      Portofolio

Mengetahui
Kepala SMP N ..................                                                                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


...........................................                                                                                                                                                                                                          ....................................
                   NIP....................................                                                                                                            NIP.

Komentar