rpp hots sistem pencernaan pada manusia pertemuan ke 4 (Ressy Andriani)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP N
Mata Pelajaran           : IPA
Kelas /Semester          : VIII/Ganjil
Materi Pokok              : Sistem Pencernaan Manusia
Tahun Pelajaran         : 2019/2020
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit

A.     Kompetensi Inti
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.       Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5   Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahamigangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upayamenjaga kesehatan sistem pencernaan

3.5.1          Mengidentifikasi jenis-jenis  bahan makanan serta kandungan baha makanan dalam kehidupan sehari-hari melalui uji bahan makanan
3.5.2          Menjelaskan fungsi dari bahan makanan
3.5.3          Menganalisis kebutuhan energi sehari-hari
3.5.4          Menyebutkan organ-organ dalam sistem pencernaan manusia
3.5.5          Menjelaskan keterkaitan struktur organ pencernaan dan fungsinya
3.5.6          Menjelaskan proses pencernaan dalam tubuh manusia


4.5   Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
3.5.1        Menyelidiki kandungan nutrisi pada makanan
3.5.2       Menyelidiki kandungan vitamin C pada berbagai jenis buah
3.5.3       Membuat model saluran pencernaan makanan
3.5.4       Menyelidiki terjadinya proses pencernaan mekanis dan kimiawi
3.5.5       Membuat model penyerapan di usus halus

Nilai Karakter
Ø  Peduli
Ø  Jujur berkarya
Ø  Tanggung jawab
Ø  Toleran
Ø  Kerjasama
Ø  Proaktif
Ø  Kreatif


C.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
Pertemuan Pertama
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø  Mendeskripsikan Kebutuhan energi sehari-hari
Ø  Mengidentifikasi jenis-jenis  bahan makanan serta kandungan bahanmakanan dalam kehidupan sehari-hari melalui uji bahan makanan
Ø  Menjelaskan fungsi dari bahan makanan
Ø  Menganalisis kebutuhan energi sehari-hari
Ø  Bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Kedua
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø  MenganalisisJenis-jenis nutrisi
Ø  Bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø  Menjelaskan Struktur dan Fungsi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia
Ø  Mengidentifikasi Organ Pencernaan Utama
Ø  Bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Keempat
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø  Mengidentifikasi Organ Pencernaan Tambahan
Ø  Menjelaskan keterkaitan struktur organ pencernaan dan fungsinya
Ø  Menjelaskan proses pencernaan dalam tubuh manusia
Ø  Bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Kelima
Setelahmengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø  Menganalisis Gangguan pada Sistem Pencernaan dan Upaya untuk mencegah atau Menanggulanginya
Ø  Bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
Fokus nilai-nilai sikap

Ø  Religius
Ø  Kesantunan
Ø  Tanggung jawab
Ø  Kedisiplinan

D.     Materi Pembelajaran
1.       Materi Pembelajaran Reguler
a.       Fakta:
Ø  Tubuh memerlukan sekitar 14 jenis mineral, di antaranya kalsium,pospor, potasiun, sodium, besi, yodium, dan seng
b.      Konsep
Ø  Protein yang kita makan dapat berasal dari hewan (protein hewani) dandari tumbuhan (protein nabati). Bahan makanan yang mengandungprotein hewani antara lain daging, ikan, telur, susu, dan keju. Bahanmakanan yang mengandung protein nabati adalah kacang kedelai, kacanghijau, dan kacang-kacangan lainnya.
c.       Prinsip
Ø  Vitamin dibutuhkan dalam jumlah sedikit namun harus ada, karenadiperlukan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah beberapapenyakit. Vitamin dikelompokkan menjadi dua, yaitu vitamin yanglarut dalam air (vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak(vitamin A, D, E, dan K).
d.       Prosedur
Ø  Di dalam rongga mulut, terdapat gigi, lidah, dan kelenjar air liur (saliva). Air liur  mengandung mukosa (lendir),  senyawa anti bakteri  dan enzimamilase. Pencernaan makanan di rongga mulut  terjadi secara mekanisdan kimiawi.
2.       Materi pembelajaran remedial
Ø  Menyelidiki kandungan nutrisi pada makanan
Ø  Menyelidiki kandungan vitamin C pada berbagai jenis buah
Ø  Membuat model saluran pencernaan makanan
3.       Materi pembelajaran pengayaan
Ø  Penyakit Mag
Ø  Gejala
Ø  Penanganan Mag
Ø  Jenis Sakit Mag dan Obat Mag-nya

E.      Metode Pembelajaran
§  Pendekatan      : Saintifik
§  Metode            : Diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
§  Model              : Discovery learning

F.      Media/alat,Bahan, dan Sumber Belajar
1.       Media/alat:
Ø  Media LCD projector,
Ø  Laptop,
Ø  Bahan Tayang
2.       SumberBelajar
1.       Buku teks pelajaran yang relevan
2.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

G.     Langkah-langkahPembelajaran

4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit)
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi(Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi)).
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik);
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnyaberkaitan dengan materi dan Melalui tanya jawab membahas kembali materi sebelumnya
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan mengaitkanpembahasan tentang organ pencernaan tambahan dengan enzim-enzimyang dihasilkan. Selanjutnya peserta didik dapat diarahkan untukmemahami fungsi dan peran masing-masing enzim yang dihasilkanorgan-organ pencernaan.
Ø  Peserta didik dibimbing untuk mengaitkan konsep nutrisi dengan apayang terjadi dalam sistem pencernaan. Misalnya karbohidrat dari nasiyang kita makan akan mulai dicerna dalam mulut dengan bantuan enzimamilase, selanjutnya pencernaan kimiawi karbohidrat terjadi pada usus halus dengan bantuan enzim maltase yang mengubah maltosa menjadiglukosa. Glukosa inilah molekul sederhana yang diserap dalam ususdan diedarkan oleh darah.
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
v  Menyampaikan garis besar cakupan materi
v  Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan
v  Membagi peserta didik menjadi 8 Kelompok (dengan setiap anggota kelompok berjumlah 4 - 5 orang).
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
 pada topic
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
v  MengamatiBerpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),(Literasi)
Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
v  Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
v  Menyimak,Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar(Berpikir kritis dan kreatif (4C), tangguh dalam menyelesaikan masalah serta berani mengemukakan pendapat dengan rasa percaya diri (Karakter); mampu membaca permasalahan serta mengaitkannya dengan konsep yang akan dipelajari (Literasi)
v  Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku paket; Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab dan kerja sama yang tingi (Karakter)
v  Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama kelompoknya; Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab dan kerja sama yang tingi (Karakter)
v  Secara berkelompok peserta didik mengidentifikasikan masalah- masalah yang relevan yang muncul dari hasil pengamatannya, guru membantu peserta didik mengerucutkan masalah yang berkembang dalam bentuk pertanyaan
v  Mengajukan pertanyaan tentang
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Data
collection
(pengumpulan
data)
Secara berkelompok peserta didik mengumpulkan berbagai informasiBerpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu, tanggung jawab  dan pantang menyerah (Karakter),literasi (membaca)
dengan penuh tanggung jawab , cermat dan kreatif yang dapat mendukung jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, baik dari buku paket maupun sumber lain seperti internet. melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
Peserta didik difasilitasi untuk memperoleh dan mendapatkan banyak informasi dari berbagai literatur/bahan bacaan dan media belajar lainnya terkait materi
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi (Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan pembiasaan membaca berbagai sumber referensi (Literasi) agar dapat menjawab tantangan permasalahan dengan rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter))
Peserta didik mencari bahan referensi dari buku paket maupun internet untuk dapat menjawab permasalahan yang berkaitan dengan
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
v  Membaca sumber lain selain buku teks, (Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan pembiasaan membaca berbagai sumber referensi (Literasi) agar dapat menjawab tantangan permasalahan dengan rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter))
Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas:(Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),
Ø  peserta didik diminta untuk mengerjakan fitur “Ayo, KitaSelesaikan” tentang organ pencernaan dan enzim yang dihasilkan.
v  MendiskusikanBerpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter)
v  Mempraktikan
Aktivitas 4.6  Pencernaan Kimiawi
Di dalam rongga mulut terjadi pencernaan mekanis dan kimiawi. Pencernaan kimiawi dibantu saliva atau air liur. Nasi yangkamu kunyah di rongga mulut setelah 5 menit dapat terasa lebihmanis. Mengapa hal itu dapat terjadi? Kalian akan menemukanjawabannya setelah melakukan percobaan ini.
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Pendidik mendorong agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah(Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),)
Selama peserta didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya(Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)apabila ada yang belum dipahami, bila diperlukan pendidik memberikan bantuan secara klasikal.
v  Berdiskusi tentang :
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
v  Presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok dalam rangka mengomunikasikan hasil karya kelompok. Pada saat kelompok tertentu melakukan presentasi, kelompok yang lain dapat bertanya atau memberi masukan,  demikian sampai masing-masing mendapat giliran.
v  Menuliskan hasil penyelesaiannya pada kertas karton dalam bentuk mind mapping.
v  Membuat contoh permasalahan dan penyelesaiannya yang identik (modifikasi permasalahan yang telah didiskusikan) berkaitan dengan materi
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
dengan menganalisa hasil diskusi kelompok maupun teori yang ada pada sumber referensi (buku paket atau internet), dan menuliskannya pada mind mapping.
v  Memberi scafollding kepada peserta didik dan diupayakan peserta didik sendiri berusaha menuju tingkat pemahaman dan proses berpikir yang lebih tinggi.
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Membuat kesimpulan sementara dari hasil diskusi kelompok;
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas yang sudah dituliskan di kertas karton, dan kelompok lain memberikan tanggapan dengan mengajukan pertanyaan ataupun memberikan masukkan.
v  Peserta didik menghubungkan pengetahuan  yang diperoleh dari hasil pengamatan maupun jawaban sementara dari pertanyaan yang ada pada buku paket sehingga diperoleh sebuah kesimpulan sementara untuk digunakan sebagai bahan presentasi.
v  Setelah kegiatan diskusi kelompok selesai, pendidik melakukan pengundian untuk menentukan kelompok yang akan presentasi, setelah terundi kelompok yang akan tampil maka diundi kembali nomor anggota kelompok yang harus presentasi mewakili kelompoknya, dan kelompok lain mengamati hasil diskusi kelompok yang tampil presentasi;
v  Membuat kesimpulan sementara berdasarkan hasil mind mapping yang telah dibuat bersama kelompok dan dengan mengacu pada buku sumber atau referensi lain, dan membuat contoh yang sesuai dengan materi yang dipelajari yaitu tentang
v  Mempresentasikan di depan kelas hasil pekerjaan kelompoknya dalam bentukmind mapping yang telah ditulis di kertas karton, dan kelompok lain memberikan tanggapannya;
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Membuat kesimpulan bersama (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam menyusun kesimpulan yang tepat sesuai dengan konsep (Literasi) dengan rasa ingin tahu dan percaya diri (Karakter))
tentang
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
berdasarkan hasil presentasi setiap kelompok.
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Evaluasi/ tes akhir (Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab yang tingi (Karakter))
berkaitan dengan
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
Misalnya
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
v  Memfasilitasi dalam membuat kesimpulan Berkomunikasi dan bekerjasama (4C) dalam merumuskan kesimpulan (Literasi), serta saling melengkapi untuk memperoleh konsep yang tepat)tentang
Ø  Pada akhir pembelajaran peserta didik diminta untuk merumuskankesimpulan tentang bagaimana pencernaan karbohidrat, protein,dan lemak dibantu oleh berbagai enzim yang dihasilkan oleh organorganpencernaan. Selainitu guru juga dapat menekankanpentingnyamengunyahmakanandenganbenar berdasarkan kegiatan praktikumhar ini.
dalam permasalahan kontekstual dari pembelajaran yang dilakukan melalui reviu indikator yang hendak dicapai pada hari itu.
v  Beberapa peserta didik diminta untuk mengungkapkan manfaat mengetahui Berkomunikasi, berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan rasa pecaya diri (Karakter) dan berani mengemukakan pendapat (Literasi)
tentang
Ø  Organ Pencernaan Tambahan
dalam kehidupan sehari-hari maupun permasalahan lainnya
v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/ evaluasi akhir di pertemuan berikutnya Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan (Karakter)
v  Melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator.Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab selama pelaksanaan penilaian (Karakter)
v  Memberi salam.Sikap disiplin dan mengamalkan ajaran agama yang dibuat (Karakter)
10
menit

 

Komentar

Posting Komentar