RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP N
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/Semester : VIII/Ganjil
Materi
Pokok : Sistem Pencernaan
Manusia
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
Alokasi
Waktu : 13x40 menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.5
Menganalisis
sistem pencernaan pada manusia dan memahamigangguan yang berhubungan dengan
sistem pencernaan, serta upayamenjaga kesehatan sistem pencernaan
|
3.5.1
Mengidentifikasi
jenis-jenis bahan makanan serta kandungan
baha makanan dalam kehidupan sehari-hari melalui uji bahan makanan
3.5.2
Menjelaskan
fungsi dari bahan makanan
3.5.3
Menganalisis
kebutuhan energi sehari-hari
3.5.4
Menyebutkan
organ-organ dalam sistem pencernaan manusia
3.5.5
Menjelaskan
keterkaitan struktur organ pencernaan dan fungsinya
3.5.6
Menjelaskan
proses pencernaan dalam tubuh manusia
|
4.5
Menyajikan hasil penyelidikan
tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
|
3.5.1
Menyelidiki kandungan nutrisi
pada makanan
3.5.2
Menyelidiki kandungan vitamin C
pada berbagai jenis buah
3.5.3
Membuat model saluran pencernaan
makanan
3.5.4
Menyelidiki terjadinya proses
pencernaan mekanis dan kimiawi
3.5.5
Membuat model penyerapan di usus
halus
|
Nilai Karakter
Ø Peduli
Ø Jujur berkarya
Ø Tanggung jawab
Ø Toleran
Ø Kerjasama
Ø Proaktif
Ø Kreatif
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan
dengan metode mind mapping, teknik
ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan
penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
Pertemuan
Pertama
Setelah
mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran
pesertadidik dapat:
Ø Mendeskripsikan Kebutuhan energi sehari-hari
Ø Mengidentifikasi jenis-jenis bahan
makanan serta kandungan bahanmakanan dalam kehidupan sehari-hari melalui uji
bahan makanan
Ø Menjelaskan fungsi dari bahan makanan
Ø Menganalisis kebutuhan energi sehari-hari
Ø Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Kedua
Setelah mengikutiserangkaian
kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø MenganalisisJenis-jenis nutrisi
Ø Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø
Menjelaskan
Struktur dan Fungsi
Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia
Ø Mengidentifikasi Organ Pencernaan Utama
Ø Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Keempat
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø
Mengidentifikasi Organ Pencernaan Tambahan
Ø
Menjelaskan keterkaitan struktur organ pencernaan dan fungsinya
Ø
Menjelaskan proses pencernaan dalam tubuh manusia
Ø Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Kelima
Setelahmengikutiserangkaian
kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Menganalisis
Gangguan pada Sistem Pencernaan dan Upaya untuk mencegah
atau Menanggulanginya
Ø Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
dengan
rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap
jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap
responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi
dan bekerjasama dengan baik.
Fokus nilai-nilai sikap
Ø Religius
Ø Kesantunan
Ø Tanggung jawab
Ø Kedisiplinan
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran
Reguler
a.
Fakta:
Ø Tubuh memerlukan sekitar 14 jenis mineral, di
antaranya kalsium,pospor, potasiun, sodium, besi, yodium, dan seng
b. Konsep
Ø Protein yang kita makan dapat berasal dari
hewan (protein hewani) dandari tumbuhan (protein nabati). Bahan makanan yang
mengandungprotein hewani antara lain daging, ikan, telur, susu, dan keju.
Bahanmakanan yang mengandung protein nabati adalah kacang kedelai, kacanghijau,
dan kacang-kacangan lainnya.
c. Prinsip
Ø Vitamin dibutuhkan dalam jumlah sedikit namun
harus ada, karenadiperlukan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah
beberapapenyakit. Vitamin dikelompokkan menjadi dua, yaitu vitamin yanglarut
dalam air (vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak(vitamin A, D, E,
dan K).
d.
Prosedur
Ø Di dalam rongga mulut, terdapat gigi, lidah,
dan kelenjar air liur (saliva). Air liur
mengandung mukosa (lendir),
senyawa anti bakteri dan
enzimamilase. Pencernaan makanan di rongga mulut terjadi secara mekanisdan kimiawi.
2. Materi pembelajaran
remedial
Ø Menyelidiki kandungan nutrisi pada makanan
Ø Menyelidiki kandungan vitamin C pada berbagai
jenis buah
Ø Membuat model saluran pencernaan makanan
3. Materi pembelajaran
pengayaan
Ø Penyakit Mag
Ø Gejala
Ø Penanganan Mag
Ø Jenis Sakit Mag dan Obat Mag-nya
E.
Metode Pembelajaran
§ Pendekatan : Saintifik
§ Metode : Diskusi
kelompok, tanya jawab, penugasan
§ Model : Discovery
learning
F.
Media/alat,Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat:
Ø Media LCD projector,
Ø Laptop,
Ø Bahan Tayang
2. SumberBelajar
1. Buku
teks pelajaran yang relevan
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
G. Langkah-langkahPembelajaran
5. Pertemuan Ke-5 ( 3 x 40 menit)
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi(Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses
pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter)
serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi)).
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran
peserta didik);
v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v
Mendiskusikan kompetensi yang
sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnyaberkaitan dengan materi dan Melalui tanya jawab membahas
kembali materi sebelumnya
Ø Peserta didik dapat mempelajari materi ini dengan metode diskusi ataupemecahan masalah. Peserta
didik dapat dibentuk menjadi 6 kelompok.Setiap kelompok membahas masalah yang
berbeda-beda misalnyakelompok 1
membahas gangguan pada gigi dan mulut; kelompok 2membahas tentang
kelainan pada lambung, kelompok 3 membahaskelainan pada hati dan empedu,
kelompok 4 membahas kelainan padausus halus dan usus besar, kelompok 5
membahas tentang kekuranganvitamin dan kelompok 6 membahas tentang defisiensi
mineral.
Ø Selama diskusi setiap kelompok diminta untuk melakukan kegiatanpada fitur “Ayo, Kita Cari
Tahu” dengan berdiskusi untuk mencari upayapencegahan dan penanggulangan
beberapa kelainan yang terdapat padaorgan pencernaan.
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Ø Struktur dan Fungsi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia
v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Gangguan pada Sistem Pencernaan dan Upaya untuk mencegah atau
Menanggulanginya
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Menyampaikan garis besar cakupan materi
v
Menyampaikan metode
pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan
v
Membagi peserta didik menjadi 8
Kelompok (dengan setiap anggota kelompok berjumlah 4 - 5 orang).
|
15
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
90
menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|||||||||||||||
Kegiatan Penutup
v
Memfasilitasi dalam membuat
kesimpulan Berkomunikasi dan bekerjasama (4C) dalam
merumuskan kesimpulan (Literasi), serta saling melengkapi untuk memperoleh
konsep yang tepat)tentang
Ø Gangguan pada Sistem Pencernaan dan Upaya untuk mencegah atau Menanggulanginya
dalam permasalahan kontekstual dari pembelajaran
yang dilakukan melalui reviu indikator yang hendak dicapai pada hari itu.
v
Beberapa peserta didik diminta untuk mengungkapkan manfaat
mengetahui Berkomunikasi, berpikir kritis dan
kreatif (4C) dengan rasa pecaya diri (Karakter) dan berani mengemukakan
pendapat (Literasi)
tentang
Ø Gangguan pada Sistem Pencernaan dan Upaya untuk mencegah atau
Menanggulanginya
dalam
kehidupan sehari-hari maupun permasalahan lainnya
v
Memberikan tugas kepada peserta
didik (PR), dan mengingatkan peserta
didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya
maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/ evaluasi akhir di pertemuan
berikutnya Membiasakan sikap bertanggung jawab
dan peduli dengan tugas yang diberikan (Karakter
v Melakukan penilaian untuk
mengetahui tingkat ketercapaian indikator.Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung
jawab selama pelaksanaan penilaian (Karakter)
v
Memberi salam.Sikap disiplin dan mengamalkan ajaran agama yang
dibuat (Karakter)
|
15
menit
|
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian
Kompetensi Sikap Spiritual
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saatpembelajaranberlangsung
|
Penilaian untukdan pencapaianpembelajaran
(assessment forand of learning)
|
2
|
Penilaian
diri
|
Terlampir
|
Saatpembelajaranusai
|
PenilaiansebagaiPembelajaran(assessment
aslearning)
|
|
3
|
Penilaian
antar
tema
|
Terlampir
|
Setelahpembelajaran
usai
|
Penilaiansebagaipembelajaran(assessment
aslearning)
|
b.
Penilaian Kompetensi Sikap Sosial
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saatpembelajaranberlangsung
|
Penilaian untukdan pencapaianpembelajaran
(assessment forand of learning)
|
2
|
Penilaian
diri
|
Terlampir
|
Saatpembelajaranusai
|
PenilaiansebagaiPembelajaran(assessment
aslearning)
|
|
3
|
Penilaian
antar
tema
|
Terlampir
|
Setelahpembelajaran
usai
|
Penilaiansebagaipembelajaran(assessment
aslearning)
|
c.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Lisan
|
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
|
Terlampir
|
Saatpembelajaranberlangsung
|
Penilaian untukpembelajaran
(assessment for learning)
|
2
|
Penugasan
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk
esei, pilihan ganda, benar- salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Terlampir
|
Saatpembelajaranberlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Tertulis
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk
esai, pilihan ganda, benar- salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Terlampir
|
Setelah pembelajaranusai
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
4
|
Portofolio
|
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan
atau tes tertulis
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian
pengetahuan (assessment
of learning)
|
d.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas (keterampilan)
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah
usai
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
|
2
|
Produk
|
Tugas (keterampilan)
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah
usai
|
pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
3
|
Proyek
|
Tugas besar
|
Terlampir
|
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
|
4
|
Portofolio
|
Sampel produk terbaik dari
tugas atau proyek
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran usai
|
pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
d.
Pertemuan
Keempat (Terlampir)
e.
Pertemuan
Kelima (Terlampir)
3.
Materi Pembelajaran
(terlampir)
4. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
Ø Pembelajaran
remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
Ø Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau
tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
Ø Tes
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
b. Pengayaan
Ø Bagi
siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran penStruktur
dan fungsi akar, batang, daun, dan bungaan sebagai berikut:
§ Siswa
yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
§ Siswa
yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Sodonghilir, Juli 2019
Mengetahui
Kepala SMP N....................... Guru
Mata Pelajaran
Makih
Yustiono, M.Pd ....................................
NIP.......................... NIP.
Komentar
Posting Komentar