(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN BONGAS
Kelas / Semester : IV / 1
Tema : KPK dan FPB
Sub
Tema :
Kelipatan dan faktor persekutuan bilangan
Alokasi
waktu : 1 x
pertemuan (2x 35 menit)
A.
Kompetensi inti:
KI 1 :Menerima
dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 :Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 :Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 :Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Indikator
pencapaian kompetensi (IPK)
|
|
3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan
|
3.4.3
Menjelaskan faktor suatu bilangan
3.4.4
Menjelaskan kelipatan dan faktor persekutuan suatu bilangan
|
Nilai
Karakter
1.
Religius
2.
Mandiri
3.
Kejujuran
4.
Kerja keras
5.
Percaya diri
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery
Learning yang menuntun peserta didik untuk mengamati, ,menanya, menalar,
mencoba dan mengkomunikasikan di depan kelas selama dan setelah mengikuti
proses pembelajaran peserta didik di harapkan :
1. Dapat
menjelaskan pengertian faktor dan kelipatan suatu bilangan
2. Dapat
menemukan hasil kelipatan suatu bilangan
Fokus
nilai-nilai
sikap
1.
Peduli
2.
Jujur berkarya
3.
Tanggung jawab
4.
Toleran
5.
Kerjasama
6.
Proaktif
7.
kreatif
D. Materi
Pembelajaran
-
Kelipatan dan faktor persekutuan bilangan
-
Faktor persekutuan
E. Metode Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
Metode :
Tanya jawab, wawancara, dan diskusi
F.
Media
/ alat,Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat:
à Papan
kelipatan / Faktor
à Amplop
berisi soal dan kartu bilangan
2.
Sumber
Belajar
à Sumber
Pembelajaran : Buku teks pelajaran
yang relevan
à Buku Guru Mata Pelajaran
Matematika kelas IV kurikulum 2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2016.
A.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 35 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi(Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran,
menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter) serta
membiasakan membaca dan memaknai (Literasi)).
Apersepsi
à
Kelipatan bilangan
Motivasi
à Kelipatan
dan faktor persekutuan bilangan
Pemberian Acuan
|
10
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
50
menit
|
||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
10
menit
|
G.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
Ø
Uraian/esai
2)
Tes Lisan
Ø
Tes
lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
2. Instrumen Penilaian
terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
-
Remidial dapat diberikan kepada peserta
didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui
KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan
remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar 3.4 Menerapkan konsep Kelipatan dan faktor persekutuan bilangan
v Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø Menentukan faktor persekutuan dari 16 dan 20
b.
Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
Ø KPK
dan FPB
RUBRIK
PENILAIAN SIKAP
No
|
Nama
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Tang. Jawab
|
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
NIJAR
|
||||||||||||
2
|
ZULFA
|
||||||||||||
3
|
ERSA
|
||||||||||||
4
|
HILMAN
|
||||||||||||
5
|
SOFIA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
ABDUL LATIF
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
M.REIZA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
SUSAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
NURUL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
N.AZKIA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
PAIZ
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
KAKA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
KIKI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
RAHMAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
LINDA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
MISI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
Tes lisan dan tes tulis
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
LEMBAR KERJA SISWA
SOAL UARAIAN
1. Dua
orang karyawan bertugas pada tanggal yang berbeda, Pa Budi bertugas setiap 4
hari sekali, sedangkan Pa Heru bertugas setiap 5 hari sekali . Tanggal
berapakah Pa Heru dan Pa Budi akan bertugas Bersama-sama?
2. Lampu
merah akan menyala setiap 4 menit sekali, sedangkan lampu kuning menyala setiap
5 menit sekali,kapan kedua lampu tersebut akan menyala bersama-sama?
3. Tentukan
kelipatan persekutuan nya jika Ani membeli buah 6 biji dan Rina 8 biji !
4. Adi akan
memasukan 10 permen dan 20 cokelat kedalam beberapa kantong sama banyak.
Tentukan banyak kantong yang mungkin diperlukan Adi
Evaluasi Soal !
Tentukan
kelipatan persekutuan di bawah ini!
1.
Kelipatan dari 18 dan 24…….
2.
Kelipatan dari 10 dan 15…….
3.
Kelipatan dari 36 dan 42…….
4.
Kelipatan dari 2 dan 5……….
5.
Kelipatan dari 6 dan 4……….
|
Tentukan
kelipatan persekutuan di bawah ini!
1.
Kelipatan dari 18 dan 24…….
2.
Kelipatan dari 10 dan 15…….
3.
Kelipatan dari 36 dan 42…….
4.
Kelipatan dari 2 dan 5……….
5.
Kelipatan dari 6 dan 4……….
|
Tentukan
kelipatan persekutuan di bawah ini!
1.
Kelipatan dari 18 dan 24…….
2.
Kelipatan dari 10 dan 15…….
3.
Kelipatan dari 36 dan 42…….
4.
Kelipatan dari 2 dan 5……….
5.
Kelipatan dari 6 dan 4……….
|
Tentukan
kelipatan persekutuan di bawah ini!
1.
Kelipatan dari 18 dan 24…….
2.
Kelipatan dari 10 dan 15…….
3.
Kelipatan dari 36 dan 42…….
4.
Kelipatan dari 2 dan 5……….
5.
Kelipatan dari 6 dan 4……….
|
RUBRIK PENILAIAN
KETERAMPILAN
1. Mempresentasikan Hasil Kerja Kelompok Sesuai Materi Yang
Diberikan
No
|
Nama
|
Sesuai dengan ide pokok teks
|
Alur penyam-paian runut
|
Menggunakan intonasi yang benar
|
Lancar dalam penyampaian
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
NIJAR
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
4
|
Sangat baik
|
2
|
ZULFA
|
ü
|
ü
|
ü
|
-
|
3
|
Baik
|
3
|
ERSA
|
||||||
4
|
HILMAN
|
||||||
5
|
SOFIA
|
|
|
|
|
|
|
6
|
ABDUL LATIF
|
|
|
|
|
|
|
7
|
M.REIZA
|
|
|
|
|
|
|
8
|
SUSAN
|
|
|
|
|
|
|
9
|
NURUL
|
|
|
|
|
|
|
10
|
N.AZKIA
|
|
|
|
|
|
|
11
|
PAIZ
|
|
|
|
|
|
|
12
|
KAKA
|
|
|
|
|
|
|
13
|
KIKI
|
|
|
|
|
|
|
14
|
RAHMAT
|
|
|
|
|
|
|
15
|
LINDA
|
|
|
|
|
|
|
16
|
MISI
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR
PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Nama
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
NIJAR
|
|
|
2
|
ZULFA
|
|
|
3
|
ERSA
|
|
|
4
|
HILMAN
|
|
|
5
|
SOFIA
|
|
|
6
|
ABDUL LATIF
|
|
|
7
|
M.REIZA
|
|
|
8
|
SUSAN
|
|
|
9
|
NURUL
|
|
|
10
|
N.AZKIA
|
|
|
11
|
PAIZ
|
|
|
12
|
KAKA
|
|
|
13
|
KIKI
|
|
|
14
|
RAHMAT
|
|
|
15
|
LINDA
|
|
|
16
|
MISI
|
|
|
Mengetahui, Bantarkalong, Oktober 2019
Kepala Sekolah Guru Kelas,
AD.ABD
KARIM, S.Ag, M.Pd.I N. IJAT JATNIKA,
S.Pd
NIP. 196505121986101005 NIP.
196505021990052001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN IPA
KELAS IV
Oleh
N. IJAT JATNIKA, S.Pd
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PEMERINTAH
KABUPATEN TASIKMALAYA
SD NEGERI
BONGAS
Desa Wangunsari Kecamatan
Bantarkalong
KABUPATEN
TASIKMALAYA
Komentar
Posting Komentar