LAPORAN BEST PRACTICE PKP SD BERBASIS ZONASI BAB II


BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

      A.       Tujuan dan Sasaran

Tujuan dari penulisan best practice ini adalah untuk mendeskripsikan praktik baik penulis dalam menerapkan pembelajaran saintifik yang  berorientasi higher order thiking skills (HOTS).
Sasaran pelaksanaan best practice ini adalah siswa kelas IV semester 1 di SDN Bongas sebanyak 16 orang.

      B.       Bahan/Materi Kegiatan

Bahan yang digunakan dalam praktik baik pembelajaran ini adalah materi  kelas IV untuk tema Kelipatan dan faktor persekutuan bilangan yang merupakan pembelajaran matematika semester 1.
Kompetensi Dasar
Indikator pencapaian kompetensi (IPK)
3.4  Menjelaskan faktor dan   kelipatan suatu bilangan
3.4.3 Menjelaskan faktor suatu bilangan 
3.4.4 Menjelaskan kelipatan dan faktor persekutuan  suatu bilangan

      C.     Cara Melaksanakan Kegiatan
Cara yang digunakan dalam pelaksanaan praktik baik ini adalah menerapkan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik.
Berikut ini adalah langkah-langkah pelaksanaan praktik baik yang telah dilakukan penulis.

  1. Pemetaan KD
                      Pemetaan KD dilakukan untuk menentukan pasangan KD yang dapat diterapkan dalam pembelajaran saintifik. Berdasarkan hasil telaah KD yang ada di kelas V, penulis memilih materi Kelipatan dan faktor persekutuan bilangan


   2.  Analisis Target Kompetensi
        Hasil analisis target kompetensinya sebagai berikut.

3.   Perumusan Indikator Pencapaian Kompetesi

Kompetensi Dasar
3.4  Menjelaskan faktor dan   kelipatan suatu bilangan
Indikator pencapaian kompetensi (IPK)
3.4.3 Menjelaskan faktor suatu bilangan 
3.4.4 Menjelaskan kelipatan dan faktor persekutuan  suatu bilangan

          4.  Pemilihan Metode Pembelajaran
 Metode  pembelajaran yang dipilih adalah Tanya jawab, wawancara, dan diskusi
5.  Merencanakan kegiatan Pembelajaran sesuai dengan Pendekatan Santifik
            Pengembangan desain pembelajaran dilakukan dengan merinci kegiatan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan pendekatan saintifik.
Berikut ini adalah rencana kegiatan pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan Pendekatan saintifik.

Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi(Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi)).
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
à  Kelipatan bilangan
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
à  Kelipatan dan faktor persekutuan bilangan
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,penilaian  dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
 pada topik
v  Kelipatan dan Faktor Persekutuan Bilangan
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Memberikan kartu bilangan tentang
v  Kelipatan dan Faktor Persekutuan Bilangan
v  Mengamati Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan materi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),(Literasi)
Peserta didik diminta mempelajari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain dengan
v  Kelipatan dan Faktor Persekutuan Bilangan
v  Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru  menggunakan garis bilangan yang berkaitan dengan
v  Kelipatan dan Faktor Persekutuan Bilangan
v  Menyimak,Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan dengan menggunakan garis bilangan tentang materi pelajaran  mengenai :
v  Kelipatan dan Faktor Persekutuan Bilangan
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah
v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
v  Guru memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya) Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah. (Pembelajaran HOTS)
v  Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku paket;
v  Guru memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama kelompoknya;
v  Mengajukan pertanyaan (Kritis dan kreatif, serta berani mengemukakan ide/pendapat-nya dengan rasa ingin tahu, pantang menyerah, jujur dan percayadiri) tentang :
v  Kelipatan dan Faktor Persekutuan Bilangan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
v  Bagaimana cara menentukan kelipatan persekutuan dari 3 dan 4
Alternatif jawaban peserta didik:
v  Kelipatan 3 = 3,6,9,12,15,18,21,24,27,30,33,36……dst
v  Kelipatan 4 = 4,8,12,16,20,24,28,32,36,…….dst
Jadi kelipatan persekutuan dari 3 dan 4 adalah 12,24 dan 36
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi (Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu, tanggung jawab  dan pantang menyerah (Karakter),literasi (membaca)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian, Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Membaca kartu bilangan yang berisi tentang
o   Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
o   Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
v  Aktivitas (Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
v  Mempraktikan Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
v  Mendiskusikan Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter)
v  Saling tukar informasi tentang  :
o   Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
Dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar se panjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok,dengan sikap penuh percaya diri dan komunikatif sedangkan kelompok lainnya menanggapi.
v  Pendidik mendorong agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskus ikelompok serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah (Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),)
v  Selama peserta didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)apabila ada yang belum dipahami, biladi perlukan pendidik memberikan bantuan secara klasikal.
v  Peserta didik menyimpulka nmateri pembelajaran melalui Tanya jawab secara klasikal
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan (Komunikasi dan bekerjasama (4C) dalam menyampaikan hasil gagasan/ ide-ide (Karakter), serta membiasakan menuliskan hasil kerja pada media sederhana (Literasi) Berpikirkritis, bekerjasama dan mampu berkomunikasi) hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
o   Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
v  Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam menyusun kesimpulan yang tepat sesuai dengan konsep (Literasi) dengan rasa ingin tahu dan percayadiri (Karakter )tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
o   Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum di pahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau padalem barkerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik melakukan  refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
o   Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencarisolusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampaike pada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taataturan, kerjakeras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif sertad eduktif dalam membuktikan :
oKelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
50
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan (Karakter)
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baikPenguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan (Karakter)
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  • Memberi salam.Sikap disiplin dan mengamalkan ajaran agama yang dibuat (Karakter)
10
menit



Sintak Model Pembelajaran dst....
Peserta didik :
1.    Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
2.    Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif)
Guru :
1.      Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan (Integritas)
2.      Guru melakukan evaluasi tentang Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan, serta menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjuutnya. (Mandiri)
3.   Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
4.   Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
5.   Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
6.   Mengagendakan pekerjaan rumah.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. (Communication)

Catatan :
  1. Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan.

      6.        Penyusunan Perangkat Pembelajaran
Berdasarkan hasil kerja 1 hingga 5 di atas kemudian disusun perangkat pembelajaran meliputi RPP, bahan ajar, LKS, dan instrumen penilaian. RPP disusun dengan mengintegrasikan kegiatan literasi, penguatan pendidikan karakter (PPK), dan kecakapan abad 21.
      D.       Media dan Instrumen
Media pembelajaran yang digunakan dalam best practice  ini adalah garis bilangan .
Instrumen yang digunakan dalam best practice  ini terdiri dari teknik penilaian sikap berupa lembar observasi, teknik penilaian keterampilan dengan menggunakan lembar observasi, dab teknik penilaian pengetahan dengan menggunakan tes tertulis dengan menggunakan soal pilihan ganda.
      E.        Waktu dan Tempat Kegiatan
Praktik baik ini dilaksanakan pada tanggal  19 Oktober  tahun 2019 bertempat di kelas IV SD Negeri Parakanhonje 4

Komentar