BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Tujuan dan Sasaran
Tujuan dari penulisan best practice
ini adalah untuk mendeskripsikan praktik baik penulis dalam menerapkan
pembelajaran saintifik yang
berorientasi higher order thiking skills (HOTS).
Sasaran pelaksanaan best practice
ini adalah siswa kelas IV semester 1 di SDN Bongas sebanyak 16 orang.
B. Bahan/Materi Kegiatan
Bahan yang digunakan dalam praktik
baik pembelajaran ini adalah materi kelas IV untuk tema Kelipatan dan faktor persekutuan bilangan yang
merupakan pembelajaran matematika semester 1.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
pencapaian kompetensi (IPK)
|
3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan
|
3.4.3 Menjelaskan faktor suatu bilangan
3.4.4 Menjelaskan kelipatan dan faktor persekutuan suatu bilangan
|
C. Cara
Melaksanakan Kegiatan
Cara yang digunakan dalam
pelaksanaan praktik baik ini adalah menerapkan pembelajaran tematik terpadu
dengan pendekatan saintifik.
Berikut ini adalah langkah-langkah pelaksanaan
praktik baik yang telah dilakukan penulis.
1. Pemetaan KD
Pemetaan
KD dilakukan untuk menentukan pasangan KD yang dapat diterapkan dalam
pembelajaran saintifik. Berdasarkan hasil telaah KD yang ada di kelas V,
penulis memilih materi Kelipatan dan faktor persekutuan bilangan
2. Analisis Target
Kompetensi
Hasil analisis target kompetensinya
sebagai berikut.
3. Perumusan Indikator
Pencapaian Kompetesi
Kompetensi
Dasar
|
3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan
|
Indikator pencapaian kompetensi
(IPK)
3.4.3 Menjelaskan faktor suatu bilangan
3.4.4 Menjelaskan kelipatan dan faktor persekutuan suatu bilangan
|
4. Pemilihan Metode
Pembelajaran
Metode
pembelajaran yang dipilih adalah Tanya
jawab, wawancara, dan diskusi
5. Merencanakan kegiatan Pembelajaran sesuai dengan Pendekatan
Santifik
Pengembangan desain pembelajaran
dilakukan dengan merinci kegiatan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan
pendekatan saintifik.
Berikut ini adalah rencana kegiatan pembelajaran yang dikembangkan
berdasarkan Pendekatan saintifik.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan
Ke-1 ( 2 x 35 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi(Menunjukkan sikap disiplin
sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi)).
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
à Kelipatan bilangan
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek
ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
à
Kelipatan dan faktor
persekutuan bilangan
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,penilaian dan KKM
pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan
(literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah
(Karakter)
pada topik
v Kelipatan dan
Faktor Persekutuan Bilangan
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan
alat)/Berpikir kritis dan bekerjasama
(4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin
tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Memberikan kartu bilangan tentang
v Kelipatan dan
Faktor Persekutuan Bilangan
v Mengamati Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan
(literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah
(Karakter)
Peserta didik bersama
kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang
ada di buku paket berkaitan dengan materi
v Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),(Literasi)
Peserta didik diminta mempelajari materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain dengan
v Kelipatan dan
Faktor Persekutuan Bilangan
v Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru menggunakan garis bilangan yang berkaitan dengan
v Kelipatan dan
Faktor Persekutuan Bilangan
v Menyimak,Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan
(literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah
(Karakter)
Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan dengan menggunakan garis bilangan tentang materi pelajaran mengenai :
v Kelipatan dan
Faktor Persekutuan Bilangan
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya Nilai Karakter: rasa ingin
tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah
v Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh
guru
v Guru
memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap
kesungguhan, rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan
konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya) Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur,
tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah. (Pembelajaran HOTS)
v Peserta
didik diminta
mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan,
serta menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku
paket;
v Guru memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan
hal-hal yang belum dipahami berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket
yang didiskusikan bersama kelompoknya;
v Mengajukan pertanyaan (Kritis dan kreatif, serta
berani mengemukakan ide/pendapat-nya dengan rasa ingin tahu, pantang
menyerah, jujur dan percayadiri) tentang :
v Kelipatan dan
Faktor Persekutuan Bilangan
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
v Bagaimana cara
menentukan kelipatan persekutuan dari 3 dan 4
Alternatif jawaban
peserta didik:
v Kelipatan 3 = 3,6,9,12,15,18,21,24,27,30,33,36……dst
v Kelipatan 4 = 4,8,12,16,20,24,28,32,36,…….dst
Jadi kelipatan persekutuan dari 3 dan 4
adalah 12,24 dan 36
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi (Berpikir
kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C),
dengan rasa ingin tahu, tanggung
jawab dan pantang menyerah
(Karakter),literasi (membaca)
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian, Berpikir kritis dan
bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan
rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
v Membaca sumber lain selain buku
teks,
Membaca kartu bilangan yang berisi tentang
o
Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain
guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
o
Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
v Aktivitas (Mengembangkan
kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
v Mempraktikan Mengembangkan kemampuan
berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
v Mendiskusikan Berpikir kritis, kreatif,
bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan rasa ingin tahu dan pantang menyerah
(Karakter)
v Saling tukar informasi tentang :
o
Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
Dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar se panjang
hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta
didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.Penguatan
Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok,dengan sikap penuh percaya diri dan komunikatif sedangkan kelompok
lainnya menanggapi.
v Pendidik
mendorong agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskus ikelompok
serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah (Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi
dan bekerjasama (4C),)
v Selama
peserta didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan
mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila
ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur,
tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)apabila ada yang
belum dipahami, biladi perlukan pendidik memberikan bantuan secara
klasikal.
v Peserta didik menyimpulka
nmateri pembelajaran melalui Tanya jawab secara klasikal
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan (Komunikasi dan bekerjasama
(4C) dalam menyampaikan hasil gagasan/ ide-ide (Karakter), serta
membiasakan menuliskan hasil kerja pada media sederhana (Literasi)
Berpikirkritis, bekerjasama dan mampu berkomunikasi) hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
o
Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
v Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan (Berpikir kritis dan
bekerjasama (4C) dalam menyusun kesimpulan yang tepat sesuai dengan konsep
(Literasi) dengan rasa ingin tahu dan percayadiri (Karakter )tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
o
Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
v Menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum di pahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau padalem barkerja
yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta
didik melakukan refleksi dengan
dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran
v Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
o
Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencarisolusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampaike pada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taataturan, kerjakeras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif sertad eduktif dalam membuktikan :
oKelipatan
persekutuan dan faktor persekutuan bilangan
|
|
50
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang
diberikan (Karakter)
- Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baikPenguatan Pendidikan Karakter
dan Pembelajaran Abad 21
- Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan).
- Mengagendakan
pekerjaan rumah.Membiasakan sikap
bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan (Karakter)
- Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
- Memberi
salam.Sikap disiplin dan
mengamalkan ajaran agama yang dibuat (Karakter)
|
10
menit
|
Sintak
Model Pembelajaran dst....
|
Peserta
didik :
1. Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif)
Guru
:
1. Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan (Integritas)
2. Guru melakukan evaluasi tentang Kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan bilangan, serta menugaskan peserta didik untuk mempelajari
materi selanjuutnya. (Mandiri)
3. Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
4. Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
5. Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
6. Mengagendakan
pekerjaan rumah.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. (Communication)
|
|
Catatan :
- Selama
pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur,
tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan.
|
6. Penyusunan Perangkat
Pembelajaran
Berdasarkan hasil kerja 1 hingga 5 di atas kemudian disusun perangkat pembelajaran meliputi RPP, bahan
ajar, LKS, dan instrumen penilaian. RPP
disusun dengan mengintegrasikan kegiatan literasi, penguatan pendidikan
karakter (PPK), dan kecakapan abad 21.
D. Media dan Instrumen
Media pembelajaran
yang digunakan dalam best practice ini
adalah garis bilangan .
Instrumen yang
digunakan dalam best practice ini
terdiri dari teknik penilaian sikap berupa lembar observasi, teknik penilaian
keterampilan dengan menggunakan lembar observasi, dab teknik penilaian
pengetahan dengan menggunakan tes tertulis dengan menggunakan soal pilihan
ganda.
E. Waktu dan Tempat
Kegiatan
Praktik baik ini
dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober tahun 2019 bertempat di kelas IV SD Negeri Parakanhonje 4
Komentar
Posting Komentar